Kata Kandaga Dalam Tarian Kandagan Memiliki Arti

Kata Kandaga Dalam Tarian Kandagan Memiliki Arti. Dijelaskan dalam buku abstraksi hasil penelitian dan karya cipta seni tahun 1979 s.d. Kandagan berasal dari kata ‘kandaga’ dalam bahasa sunda, yaitu tempat perhiasan atau barang berharga dan indah.

Tari Lumense Tarian tradisional Kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana
Tari Lumense Tarian tradisional Kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana from tradisional18.blogspot.com

2007, untuk menarikan tari kandagan diperlukan keterampilan bakat dan latihan yang lama agar bisa menguasainya. Soder atau disebut juga sampur panjang. Tari kandagan merupakan tarian yang dibawakan oleh penari putri.

Tari Ini Tergolong Tarian Putri Yang Karakternya Gagah.

Di kalimantan selatan, tari ini dinamakan tari gintur. Kandagan berasal dari kata ‘kandaga’ dalam bahasa sunda, yang memiliki arti tempat perhiasan atau barang berharga dan indah. Tari kandagan merupakan tarian yang dibawakan oleh penari putri.

Tari Ini Merupakan Kreasi Baru Dari Pengembangan Dari Tari Renggarini.

Tari kandagan merupakan tarian yang dibawakan oleh penari putri. Sebagai kata kerja diartikan mencari, dan sebagai kata benda diartikan boneka kayu. Kata tersebut berasal dari “seurasi” yang artinya makna yang harmonis dan kompak.

Tari Kandagan Adalah Tarian Yang Dibawakan Oleh Penari Putri.

Namun, terdapat pula anggapan lain terkait asal mula nama dari tari seudati, yaitu dianggap berasal dari bahasa aceh itu sendiri. Pada tahun 1957 tjetje somantri menciptakan tari topeng wadon, hanya nama wadon tidak cocok dengan bentuk tarinya, seterusnya namanya diubah menjadi renggarini. Apabila dikaitkan dengan gerakan yang ada di dalam tarian ini, maka akan ada kaitannya dengan nama serta koreografinya.

Soder Atau Disebut Juga Sampur Panjang.

Tari ini merupakan kreasi baru dari pengembangan dari tari renggarini di tahun 1960 oleh tokoh pembaharu tari sunda, raden tjetje somantri. Gerak tari merupakan unsur utama pada tari. Tarian ini bercerita tentang seorang gadis remaja yang sedang merangkai bunga.

Tjetje Somantri Dalam Sebuah Tari Kreasi Berdasarkan Dengan Iringan.

Doksen upt tik ibsi bandung. Tari ini merupakan kreasi baru dari pengembangan dari tari renggarini di tahun 1960 oleh tokoh pembaharu tari sunda, raden tjetje somantri. Tuliskan properti yang digunakan dalam tari bondan 19046496 1.

Leave a Comment