Fungsi Vernier Caliper

Fungsi Vernier Caliper. Jangka sorong atau vernier caliper sendiri menurut para ahli diartikan sebagai suatu alat ukur panjang yang dapat digunakan untuk mengukur panjang, dimensi, dan kedalaman suatu benda dengan ketelitian hingga 0,1 mm. Mengukur diameter suatu benda dengan jangka sorong atau vernier caliper untuk mengetahui diameter kasar dari benda tersebut.

Pengenalan Angkup Vernier Fungsi Bahagian bahagian Angkup Vernier
Pengenalan Angkup Vernier Fungsi Bahagian bahagian Angkup Vernier from angkupvernierciast.blogspot.com

Jangka sorong digunakan pula untuk mengukur panjang benda maksimum 20 cm. Bedanya setelah membaca ni artikel ane jadi tambah mengerti cara. Untuk mengukur inner ring atau bagian dalam.

Demikian Artikel Cara Penggunaan Jangka Sorong, Semoga Artikel Ini Bermanfaat.

Pada dasarnya yang dimaksud jangka sorong adalah sebuah alat ukur seperti japit yang terdiri dari 2 bagian, bagian tetap dan bagian yang bisa digeser. Mengingat tingkat ketelitian jangka sorong adalah 0,1 mm maka nilai lebih adalah 2,5 x 0,1 mm = 0,25 mm = 0,025 cm. Inilah 5 fungsi dasar jangka sorong atau vernier caliper:

Alat Ini Memiliki Fungsi Yang Sama Dengan Mikrometer Namun Mikrometer Menggunakan Prinsip Ulir Sementara Jangka Sorong Menggunakan Metode Geser.

Untuk mengukur ketebalan suatu benda. Jangka sorong ini digunakan khusus untuk mengukur ketebalan suatu lempengan cakram. Menyesuaikan panjang suatu benda kerja e.

Semisal Ukuran Standar 15,45 Mm.

Dengan membaca postingan ini serasa bernostalgia ke jaman stm dulu. Bedanya setelah membaca ni artikel ane jadi tambah mengerti cara. Biasanya sudah tercantum pada jangka sorong.

Sehingga Tidak Ada Bagian Yang Terlalu Tebal Maupun Terlalu Tipis.

Jangka sorong cakram (disc brake vernier calipers) amazon.com. Jangka sorong atau vernier caliper juga dapat digunakan. Dengan adanya jangka sorong ini operator dapat mengetahui ukuran cakramnya secara keseluruhan.

Jangka Sorong Biasa (Vernier Caliper) Shutterstock.com.

Berdasarkan fungsi & kegunaan berikutnya adalah jenis jenis vernier caliper berdasarkan fungsinya. Sebelum menggunakan jangka sorong, operator wajib tahu tingkat ketelitiannya. Benda yang diukur bisa berbentuk bulat, kubus, bujur sangkar, balok, persegi, dan masih banyak lagi.

Leave a Comment