Fungsi Pipet Volumetrik

Fungsi Pipet Volumetrik. Pipet volumetrik umumnya digunakan dalam kimia analitik untuk membuat larutan laboratorium dari stok dasar serta untuk menyiapkan solusi untuk titrasi. Benar sekali, kegunaan atau fungsi alat ini sangatlah penting untuk sebuah kegiatan di dalam laboratorium.

Fungsi Pipet Volume, Gambar dan Cara Menggunakannya
Fungsi Pipet Volume, Gambar dan Cara Menggunakannya from academia.co.id

Pipet volumetrik umumnya digunakan dalam kimia analitik untuk membuat larutan laboratorium dari stok dasar serta untuk menyiapkan solusi untuk titrasi. Dari sifat dan fungsi dapat dibedakan atas pipet, buret, labu ukur, dan gelas ukur. Benar sekali, kegunaan atau fungsi alat ini sangatlah penting untuk sebuah kegiatan di dalam laboratorium.

CARA MENGGUNAKAN PIPET VOLUME

CARA MENGGUNAKAN PIPET VOLUME by Kang Firman Kimia Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia (TDPLK) - Analisis ...

Koreksi Suhu Yang Tidak Sama (A) Koreksi Terhadap Adanya Gaya Tekan Ke Atas Dari Udara (B) Koreksi Adanya Pemuaian Dari Kaca (C) Untuk Volume 1 Liter Maka.

Namun walaupun demikian, hasil dari pemipetan tersebut tidaklah tepat 100%, pasti terdapat kesalahan yang namanya galat. Jadi pipet dengan label 10 ml hanya dapat digunakan untuk mengambil cairan sebanyak 10 ml saja. Pipet ukur kurang akurat dibandingkan pipet volumetrik.

Mengenal Fungsi Gelas Ukur Dalam Penggunaannya Di Laboratorium Adalah Untuk Mengukur Volume Cairan Yang Tidak Memerlukan Ketelitian Yang Tinggi.

Ukuran untuk kedua pipet ini adalah terdapat beberapa jenis ukuran yakni 10 ml, 25 ml, 50 ml, dan 100 ml. Ukuran dari pipet ini a hingga 1000 ml, untuk pipet berukuran volume 1 sampai 1000 μl dinamakan mikropipet atau micropipettes, sedangkan yang berukuran volume lebih besar dinamakan makropipet. Cairan kimia merupakan salah satu bahan kimia seperti larutan.

Pada Proses Uji Coba, Alat Ini Sangat Penting Dan Wajib Ada Di Laboratorium.

Pipet harus ditera dulu sebelum digunakan agar cairan yang dikeluarkan dari pipet tersebut keluar tepat secara kuantitatif. Fungsi dari pipet volume dan cara menggunakannya. Contoh khusus dari pipet volumetrik adalah pipet mikrofluida yang mampu mengeluarkan sekecil 10μl) yang dirancang dengan ujung.

Terdapat Keran Pada Pipet Buret Ini Yang Mempermudah Pengujian.

Namun walaupun demikian, hasil dari pemipetan tersebut tidaklah tepat 100%, pasti terdapat kesalahan yang namanya galat. Dari sifat dan fungsi dapat dibedakan atas pipet, buret, labu ukur, dan gelas ukur. Pipet harus ditera dulu sebelum digunakan agar cairan yang dikeluarkan dari pipet tersebut keluar tepat secara kuantitatif.

Volume Yang Umum Adalah 1, 2, 5, 10, 20, 25, 50, Dan 100 Ml.

Kemudian tambahkan air lagi dengan menggunakan pipet tetes. Fungsi dari pipet jenis ini ialah untuk memindahkah sejumlah cairan dengan bermacam tingkatan serta presisi. Dibandingkan dengan jenis pipet lainnya, pipet volumetrik ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda namun fungsinya tetap sama.

Leave a Comment