Fungsi Pipet Ukur

Fungsi Pipet Ukur. Pipet ukur adalah salah satu alat yang digunakan di laboratorium kimia. Fungsi pipet ukur adalah untuk memindahkan larutan secara terukur sesuai dengan volume.

Pipet Ukur Fungsi, Gambar dan Cara Menggunakannya
Pipet Ukur Fungsi, Gambar dan Cara Menggunakannya from academia.co.id

Pipet buret adalah jenis pipet khusus yang digunakan untuk proses titrasi, yakni metode untuk menentukan tingkat konsentrasi pada suatu reaktan. Sama seperti dengan fungsi pipet ukur atau pipet volum , fungsi mikropipet ini adalah untuk memindahkan larutan atau cairan dari satu tempat ke tempat yang lainnya, tetapi untuk volume yang sangat kecil ( dibawah 1 ml ). Tentunya sesuai dengan label yang tertera di bagian gelembung itu.

Terdapat Pipet Biasa Dengan Bagian Atas Terdapat Alat Penghisap Yang Dipakai Untuk Mengambil Larutan Yang Tidak Memerlukan Ketelitian.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fungsi pipet volume. Pipet ini memiliki beberapa komponen, diantaranya: Pipet tetes dan fungsi pipet tetes.

Pipet Volume Menjadi Media Atau Sebagai Alat Yang Digunakan Untuk Memindahkan Cairan Atau Suatu Larutan.

Umumnya pipet ukur memiliki ukuran beragam dari 0.1 ml hingga 50 ml. Satuan ukur, yang digunakan bersamaan dengan corong untuk memasukkan cairan. Hanya saja, biasanya cairan yang diambil berupa zat kimia.

Ukuran Volume Terbesat Pipet Ukur Sendiri Adalah 50 Ml.

Pipet ukur memiliki fungsi utama yaitu senantisa dipergunakan untuk mengukur dan mentransfer (memindahkan) cairan dari satu wadah ke wadah lain dalam berbagai ukuran volume secara akurat, dengan skala terbesar adalah 50 ml. Pipet (pipette, pipettor, chemical dropper). Biasanya pipet ukur datang dengan ukuran volume yang cukup beragam, mulai dari 0,5 ml hingga 100 ml.

Tentunya Sesuai Dengan Label Yang Tertera Di Bagian Gelembung Itu.

Cara penggunaan pipet ukur harus dengan cara yang benar agar aman. Berguna untuk mengambil cairan dalam skala tetesan kecil. Labu ukur dengan berbagai macam ukuran volume.

Pipet Ukur Terdiri Dari Berbagai Ukuran, Mulai Dari 1 Ml, 2 Ml, 5 Ml, 10 Ml, 25 Ml, 50 Ml, Dan 100 Ml.

Alat ini termasuk ke dalam alat gelas. Pipet ukur masuk kedalam klasifikasi alat laboratorium volumeterik yang memiliki skala volume. Sama seperti dengan fungsi pipet ukur atau pipet volum , fungsi mikropipet ini adalah untuk memindahkan larutan atau cairan dari satu tempat ke tempat yang lainnya, tetapi untuk volume yang sangat kecil ( dibawah 1 ml ).

Leave a Comment