Bagian Bagian Theodolit Dan Fungsinya

Bagian Bagian Theodolit Dan Fungsinya. Theolite merupakan alat paling canggih dalam survey berupa alat atau instrument presisi. Untuk mendapatkan teodolit, kini beberapa toko online maupun offline banyak yang menyediakan jual.

geoact theodolit
geoact theodolit from geoact.blogspot.com

3 sekrup penyetel nivo kotak. Theodolit digital f cara penggunaan theodolit digital : Berfungsi untuk melihat objek dengan mata, dan dengan memutar lensa ke kiri atau ke kanan dapat memperjelas garis salib sumbu.

Di Bagian Bawah Kaki Statif Ini Bentuknya Lancip Dan Fungsinya Adalah Agar Bisa Menancap Ke Tanah Dimana.

Bagian atas, theodolit bagian atas terdiri dari : Bagian atas, terdiri dari : Untuk membidik objek secara kasar.

Berfungsi Untuk Menangkap Bayangan Obyek / Target.lensa Positif Yang Memberikan Bayangan Nyata Terbalik Dan Diperkecil.

Adapun fungsi theodolit di antaranya : Alat yang juga sering di eja “teodolit” ini berfungsi sebagai alat pengukur tanah dalam sudut vertikal dan horizontal. Theodolite adalah alat ukur tanah yang digunakan untuk mengukur sudut baik sudut vertikal maupun sudut horizontal.

Untuk Mendapatkan Teodolit, Kini Beberapa Toko Online Maupun Offline Banyak Yang Menyediakan Jual.

Selanjutnya, anda akan melihat tiga skala yaitu penyesuaian horizontal, vertikal dan halus. Merupakan tempat tumpuan dari sumbu i nivo kotak : Bagian bawah, pada bagian bawah dari theodolit umumnya terdiri dari :.

Bagian Atas, Terdiri Dari :

Membuat pemetaan situasi yang mendetail. Kaki statif masih bagian dari statif juga, fungsi dari kaki statif ini membuat pesawata theodolite bisa berdiri. Bagian tengah, bagian tengah theodolit antara lain :

Di Dalam Theodolit Sudut Yang Dapat Di Baca Bisa Sampai Pada Satuan Sekon (Detik).

Gunakan tombol pada bagian atas untuk menyesuaikan tanda 0’00 “. Berbeda dengan waterpass yang hanya memiliki sudut mendatar saja. Macam theodolit berdasarkan konstruksinya, dikenal dua macam yaitu:

Leave a Comment