Bagaimanakah Cara Membaca Skala Pengukuran Panjang Dengan Menggunakan Mistar

Bagaimanakah Cara Membaca Skala Pengukuran Panjang Dengan Menggunakan Mistar. Setiap inchi dipecahkan kembali menjadi 15 tanda yang lebih kecil, menjumlahkan panjang 16 tanda ini sama dengan satu inchi dalam penggaris. Hasil pengukuran = 1,5 mm + 0,29 mm = 1,79 mm.

Cara Menggunakan Mistar theservicecall
Cara Menggunakan Mistar theservicecall from theservicecall.blogspot.com

Mistar adalah alat yang digunakan untuk mengukur panjang benda dengan skala terkecil satu millimeter dan ketelitian 0,5 milimeter. A.panjang buku fisika, b.diameter dalam tabung kaca, c.diameter luas tabung kaca, d.tebal uang logam, e.diameter kawat logam. Terdapat tiga alat ukur panjang,yaitu mistar,jangka sorong,dan mikrometer sekrup.

12 Inchi Sama Dengan 1 Kaki (0.3 M).

Hasil pengukuran = 1,5 mm + 0,29 mm = 1,79 mm. Dalam membaca skala pada mistar, mata harus tegak lurus dengan skala yang akan dibaca. Alat ukur ini memiliki ketelitian setengah dari skala terkecil yang tertera pada alat tersebut.

Hal Ini Dapat Dilakukan Dengan Mudah Yaitu Tinggal Membaca Nilai Yang Ada Pada Skala Utama Sebelum Ataupun Di Sisi Sebelah Kiri Garis Atau Tanda Nol Dari Skala Verniernya.

Setelah itu kemudian dibaca hasil pengukurannya. Menjumlahkan skala utama dan skala putar. Jadi, skala nonius sebesar 29 x 0,01 mm = 0,29 mm.

Jika Sahabat Ingin Mencoba Simulasi.

Pada jangka sorong juga terdapat skala utama dan skala nonius. Berikut adalah gambar hasil pengukuran sepotong kayu menggunakan mistar. Belajar menggunakan alat ini relatif mudah.

Langkah/ Cara Menggunakan Jangka Sorong Selanjutnya Adalah Membersihkan Permukaan Benda Dan Permukaan Rahang Agar Tidak Ada Benda Yang Menempel Yang Bisa Sebabkan Kesalahan Pengukuran.

Ketika mengukur dengan menggunakan mistar, posisi mata hendaknya diperhatikan dan berada di tempat yang tepat, yaitu terletak pada garis yang tegak lurus mistar. Rumus hukum newton 1 adalah. Jangka sorong adalah alat ukur panjang yang lebih teliti daripada mistar.

Dalam Fisika Dikenal Tiga Alat Ukur Yang Paling Utama Yakni Mistar Jangka Sorong Dan Mikrometer Sekrup.

Sebuah benda diukur dengan jangka sorong. Dengan demikian kita peroleh angka taksiran sebesar ½ × 1 mm = 0,5 mm = 0,05 cm. Berikut ini adalah contoh cara membaca skala hasil pengukuran panjang dengan penggaris atau mistar.

Leave a Comment