Apakah Kelebihan Jangka Sorong Dibanding Dengan Alat Pengukur Panjang Lainnya

Apakah Kelebihan Jangka Sorong Dibanding Dengan Alat Pengukur Panjang Lainnya. Dapat mengukur diameter sisi luar dengan cara dijapit. Jenis alat ukur panjang ini mungkin merupakan jenis yang paling lazim dan jenis yang pertama kali sering anda jumpai.

Apakah Kelebihan Jangka Sorong Dibanding Dengan Alat Pengukur Panjang
Apakah Kelebihan Jangka Sorong Dibanding Dengan Alat Pengukur Panjang from berbagaialat.blogspot.com

Keuntungan penggunaan jangka sorong adalah dapat dipergunakan untuk mengukur diameter sebuah kelereng, diameter dalam sebuah tabung atau cincin, maupun kedalam sebuah tabung. Sebuah balok memiliki panjang 20 cm, lebar 5 cm. Mikrometer sekrup adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan benda dengan skala terkecil 0,01 millimeter dan ketelitian 0,005 milimeter.

Jangka Sorong Merupakan Alat Ukur Panjang Yang Terdiri Atas Skala Utama, Skala Nonius, Rahang Pengatur Garis Tengah Dalam, Rahang Pengatur Garis Tengah Luar, Dan Pengukur Kedalaman.

Jangka sorong adalah alat ukur yang banyak digunakan dalam berbagai industri baik industri kecil ataupun industri besar. Selain itu, bisa juga untuk mengukur kedalaman lubang atau bangun ruang, misalnya tabung. Pengertian alat ukur panjang alat ukur panjang adalah instrument (alat) yang di gunakan untuk menghitung besaran panjang, dan biasanya dalam satuan meter dan cm.

Walaupun Mempunyai Kelebihan, Namun Ternyata Jangka Sorong Juga Memiliki Kekurangan, Yaitu:

Dengan menggunakan jangkasorong / caliper kita mendapatkan kontrol ukuran dan dimensi yang presisi dan akuratkarena alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Adapun keuntungan atau kelebihan jangka sorong sebagai alat ujur panjang daripada alat ukur lainnya yakni sebagai berikut. Alat ukur besaran panjang pada alat ukur besaran panjang yang kita bahas adalah penggaris, rollmeter atau meteran, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.

Jangka Sorong Terdiri Dari Dua Skala, Yakni Skala Utama Dengan Skala Terkecil Dalam Milimeter Dan Skala Nonius.

Dibandingan dengan alat ukur lainnya seperti mistar dan penggaris yang memiliki skala terkecil 0,1 cm atau 1 mm dengan tingkat ketelitian 0,05 cm atau 0,5 mm, jangka sorong memiliki skala. Apakah kelebihan jangka sorong dibanding dengan alat pengukur panjang lainnya? Dapat mengukur diameter sisi dalam dengan mudah, yakni cara di ulur.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Jangka Sorong Adapun Kelebihan Dari Jangka Sorong Diantaranya:

Ketelitian ini diperoleh dengan cara setengah dari nilai skala terkecilnya. Jangka sorong memiliki tiga bagian yaitu mengukur diameter dalam objek, diameter luar objek, dan kedalaman. Jika anda sedang membutuhkan jangka.

Cara Kerja Jangka Sorong Sebenrnya Cukup Sederhana.

Berikut cara menggunakan jangka sorong. Hasil pengukuran dari sebuah jangka sorong dapat ditentukan dengan cara membaca penunjukan angka nol pada skala nonius terhadap skala utama dan skala nonius yang keberapa yang tepat berimpit atau segaris dengan skala utama. Pengukuran jangka sorong sendiri memiliki skala utama satuan cm dan skala nonius dalam satuan mm.

Leave a Comment