Alat Ukur Penggaris Gunanya

Alat Ukur Penggaris Gunanya. Mistar merupakan salah satu jenis alat ukur yang sederhana, pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan plat baja atau kuningan dimana pada kedua sisi permukaanya diberi skala metrik dan inchi. Penggaris lurus atau straight ruler;

Materi matematika SD ALAT UKUR, kelas 3
Materi matematika SD ALAT UKUR, kelas 3 from antikadian1998.blogspot.com

Misalnya saja yang paling sederhana yakni untuk mengetahui panjang meja diperlukan meteran atau penggaris. Di video kali ini kita akan belajar mengenal alat ukur panjang dan cara mengukur benda menggunakan penggaris.materi mengenal alat ukur ini cocok untuk kelas. Inilah salah satu sumber ketidakpastian yang tak terelakkan.

Perlu Diingat Bahwa Alat Ukur Panjang Ini Memiliki Skala Terkecil Sebesar 1Mm Dan Memiliki Ketelitian Sebesar 0.5Mm Yang Diperoleh Dari Setengah Skala Terkecil.

Ketelitian mistar ini adalah 1 milimeter. Di video kali ini kita akan belajar mengenal alat ukur panjang dan cara mengukur benda menggunakan penggaris.materi mengenal alat ukur ini cocok untuk kelas. Skala penggaris biasanya dalam cm (ketelitian 1mm) atau inchi tapi tidak menutup kemungkinan dengan satuan yang lain tergantung penggunaanya:

Penggaris Atau Mistar Memiliki Skala Dengan Ukuran Paling Kecil Sebesar 1 Mm Atau 0,1 Cm.

Alat ukur adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur suatu benda baik satuan panjang, berat, temperatur dan satuan lainnya. Umumnya penggaris terbuat dari besi, mika atau kayu. Karena itu, hasil pengukuran dengan membaca skala pada alat ukur hanya dapat dipastikan hinga batas (jumlah angka ) tertentu saja.

Timbangan Jenis Ini Paling Sering Dijumpai Di Pusat Perbelanjaan Sembako, Seperti Pasar Ataupun Toko Kelontong.

Ketelitiannya adalah ± 0,5 mm. Kegunaan utama dari meteran gulung yaitu untuk mengukur panjang suatu benda maupun jarak. Mistar ukur memiliki skala utama dengan satuan centimeter, jarak antara angka2 yang berdekatan pada skala utama adalah 1 centimeter.

Namun Ada Pula Yang Mempunyai Tingkat Ketelitian Sampai 0,5 Mm.

Dalam membaca skala pada mistar, mata harus tegak lurus dengan skala yang akan dibaca. Juga terdapat penggaris yang dapat dilipat. Misalnya saja yang paling sederhana yakni untuk mengetahui panjang meja diperlukan meteran atau penggaris.

Mistar Merupakan Salah Satu Jenis Alat Ukur Yang Sederhana, Pada Umumnya Dibuat Dengan Menggunakan Bahan Plat Baja Atau Kuningan Dimana Pada Kedua Sisi Permukaanya Diberi Skala Metrik Dan Inchi.

Penggaris dapat terbuat dari plastik, logam, berbentuk pita dan sebagainya. Cara untuk menggunakan alat ini cukup mudah anda hanya perlu memastikan kalau pengunci. Penggaris merupakan alat ukur yang paling familiar, entah itu anak sekolah, mahasiswa hingga arsitek bergantung pada alat ini.

Leave a Comment