Alat Ukur Panjang Berikut Yang Mempunyai Ketelitian Paling Baik Adalah

Alat Ukur Panjang Berikut Yang Mempunyai Ketelitian Paling Baik Adalah. Skala nonius mempunyai panjang 9 mm yang terbagi menjadi 10 skala dengan tingkat ketelitian 0,1 mm. Micrometer sekrup hanya ada satu macam, yakni yang berketelitian 0.01 mm.

Alat Ukur Panjang Berikut Yang Mempunyai Ketelitian Paling Baik Adalah
Alat Ukur Panjang Berikut Yang Mempunyai Ketelitian Paling Baik Adalah from berbagaialat.blogspot.com

Jangka sorong mempunyai ketelitian pengukuran sebesar 0,1 mm. Umumnya tingkat ketelitian adalah 0.05mm untuk jangka sorong di bawah 30 cm dan. Misalnya kita ingin mengukur gelas, dengan alat ini kita dapat mengukur:

Ketelitian Pengukuran Dengan Roll Meter Sampai 0,5 Mm.

Karena alat ukur ini diperuntukkan dalam mengukur sesuatu yang sangat kecil atau tipis, maka skala yang paling kecil dari alat pengukuran ini adalah 0,001cm atau 0,01mm. Misalnya kita ingin mengukur gelas, dengan alat ini kita dapat mengukur: Meter ukur kecil biasanya mempunyai ukuran panjang 3 m dan 5 m.

Meteran, Adalah Alat Ukur Yang Biasanya Digunakan Dalam Pengukuran Bangunan, Seperti Kursi, Meja, Tembok Bangunan Dan Masih Banyak Lagi.

Satuan yang dipakai pada meteran yaitu mm atau cm, feet atau inch. Jangka sorong mempunyai ketelitian pengukuran sebesar 0,1 mm. Skala terkecil yang dimiliki oleh alat ukur penggaris atau mistar ini adalah 1 mm.

Diameter Luar Dengan Menggunakan Bagian Alat No.

001 cm 01 mm mikrometer sekrup. Untuk diketahui, alat ukur panjang yang memiliki tingkat ketelitian paling tinggi adalah mikrometer sekrup ( screw micrometer) dengan ketelitian sebesar 0,01 mm atau 0,001 cm. Jangka sorong memiliki 2 skala, yaitu skala utama dan skala nonius.

Jangka Sorong Adalah Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Panjang, Ketebalan, Diameter Dan Kedalaman Suatu Benda Dengan Satu Alat Ini.

Sedangkan meter ukur panjang yang biasanya dalam bentuk roll terdapat dalam ukuran 10 m, 20 m, 30 m , 50 m dan 100 m. Alat ukur panjang yang sering anda gunakan adalah mistar atau penggaris. Alat ukur panjang yang pertama dan paling umum adalah penggaris atau mistar.

Nilai Ketelitian Adalah Nilai Panjang Terkecil Yang Masih Dapat Diukur Oleh Alat Ukur Yang Bersangkutan.

Pada umumnya, mistar memiliki skala terkecil 1 mm atau 0,1 cm. Mistar mempunyai ketelitian pengukuran 0,5 mm, yaitu sebesar setengah dari skala terkecil yang dimiliki oleh mistar. Pengukuran diameter sebuah kaleng menggunakan jangka sorong diperoleh seperti gambar berikut.

Leave a Comment