Alat Musik Popondi

Alat Musik Popondi. Berbentuk busur seperti tanduk kerbau atau tanduk sapi yang bertumpu pada sebuah tempurung kelapa. Ada 5 alat musik bugis yang mau kita bahas di bawah ini.

Regulae Alat Musik Popondi
Regulae Alat Musik Popondi from ectioregulae.blogspot.com

Kata tolindo merupakan sebutan yang berasal dari. Biasanya alat musik tradisional ini dimainkan sebagai perayaan sesudah para petani merayakan pesta panen. Dan hanya memiliki satu buah senar atau dawai tolindo sendiri sebenarnya merupakan sebutan yang berasal dari suku bugis.

Talindo/Popondi Merupakan Alat Musik Jenis Sitar Berdawai Satu (One Stringed Stick Zilher).

Kata tolindo merupakan sebutan yang berasal dari. Uniknya yaitu resonatornya terbuat dari tempurung kelapa, ya bahan yang sangat mudah. Dimana alat musik satu ini juga terbilang cukup unik, hal ini dikarenakan resonator yang ada dibuat dari bahan tempurung kelapa.

Sebagian Dari Mereka Menggunakannya Menjadi Bagian Dari Proses Seremoni.

Alat musik tradisional ini dibuat dari bahan yang mudah dicari di alam yaitu kayu, tempurung kelapa dan tentunya senar karena kita menggunakan cara dipetik. Alat musik talindo dibuat dengan 3 buah bahan yang gampang untuk dicari, yaitu: Intip 9 alat musik khas indonesia terpopuler.

Karena Bentuknya Yang Sangat Simple Dan.

Alat musik ini dimainkan secara tunggal setelah para petani merayakan pesta panen dan untuk mengisi waktu. Tidak hanya di sulawesi barat saja, talindo juga ada di sulawesi tengah namun memiliki nama yang berbeda yaitu popondi, untuk lebih detailnya bisa dibaca di artikel alat musik tradisional sulawesi tengah. Alat musik tradisional talindo / popondi berbentuk busur seperti tanduk kerbau atau tanduk sapi yang bertumpu pada sebuah tempurung kelapa, di ujungnya atas bagian tanduk dipasang 1 buah senar dan dimainkan dengan cara dipetik.

Bagian Atasnya Dilapisi Dengan Kulit Hewan.

Kayu, tempurung kelapa dan tentunya senar karena ini merupakan alat musik tradisional sulawesi tengah yang digunakan dengan cara dipetik tempurung kelapa juga berfungsi untuk resonator sementara kayu untuk. Popondi tolindo dibuat dari bahan kayu, tempurung kelapa dan juga senar. Selain dengan adat istiadat toraja yang sudah terkenal di dunia, alat musik dari daerah ini juga termaksud unik.

Terutama Di Indonesia Yang Kaya Dengan Budaya Dan Keragaman Alat Musiknya.

5 jenis alat musik bugis dan cara memainkannya. Bahan untuk membuat alat musik tradisional ini mudah dicari di alam yakni tempurung kelapa, kayu, dan senar karena alat musik ini menggunakannya dengan cara dipetik. Popondi atau tolindo terbuat dari kayu, tempurung kelapa, dan senar.

Leave a Comment