Alat Musik Kemong

Alat Musik Kemong. Alat musik tradisional jenis ini berupa seperti gong kecil yang digunakan sebagai salah satu komponen gamelan jawa ataupun sunda. Cara memainkan kemong juga sama seperti memainkan gong pada umumnya, yakni dengan cara memukulnya menggunakan tongkat yang berbalut kain atau karet.

Kenong from Javanese Gamelan at the National Music Museum
Kenong from Javanese Gamelan at the National Music Museum from collections.nmmusd.org

Sebagai masyarakat kita harus mengapresiasi segelintir anak muda yang membawa dan memperkenalkan alat musik tradisional ini sampai ke kancah dunia. Kenong merupakan salah satu alat musik yang menyusun gamelan jawa. Alat musik ini bisa dibilang memiliki umur cukup lama dan menjadi salah satu bagian.

Kenong Juga Termasuk Dalam Alat Musik Berpencu, Tetapi Ukuran Lebih Besar Daripada Bonang.

Kemong merupakan alat musik gamelan sunda atau jawa. Sukong merupakan alat musik yang muncul dari tradisi dan budaya betawi. Kemong adalah alat musik tradisional khas betawi yang termasuk ke dalam gambang kromong.

Alat Musik Ini Memiliki Bentuk Yang Mirip Seperti Gamelan Dan Terdiri Dari Beberapa Buah Dalam Satu Barisnya.

Kempul adalah salah satu alat musik gamelan, cara memainkanya ditabuh. Kenong biasanya dimainkan dengan dipukul oleh satu alat pemukul. Instrumen ini merupakan alat musik betawi yang sudah ada sejak lama, dulunya digunakan penduduk etnis betawi cina di wilayah jakarta.

Kenong Merupakan Salah Satu Alat Musik Yang Menyusun Gamelan Jawa.

Nama alat musik tradisional dari jawa tengah. Kenong merupakan unsur instrumen pencon gamelan yang paling gemuk. Alat musik kenong merupakan alat musik gamelan yang tergolong ke dalam keluarga ‘pencon’, yang tergolong di dalamnya seperti gong, bonang, dan kethuk.

Tak Hanya Itu, Ternyata Alat Musik Ini Didalam Larasannya Adalah Di Luar Larasan Tangga Nada Saih.

Bentuknya mirip gong cuma saja bentuknya lebih kecil. Kenong disusun pada pangkon berupa kayu keras yang dialasi dengan tali, tali ini biasanya. Mari simak dan kenali lebih dalam sedulur.

Kemong Juga Pernah Disebut Pada Sebuah Buku Yang Bercerita Tentang Suatu Legenda Yaitu Pada Buku Yang Memiliki Judul “Hang Tuah Ksatria Melayu” Oleh Nunit Utami, Anda Bisa Melihatnya Di Halaman 59.

Kemong sendiri juga merupakan bagian dari gambang kromong di dki jakarta. 16 contoh alat musik harmonis & cara memainkannya! Alat musik tradisional kemong ini adalah alat musik yang berbentuk seperti gong kecil yang dipakai pada gamelan jawa ataupun gamelan sunda.

Leave a Comment