Air Raksa Digunakan Untuk Mengisi Termometer Karena

Air Raksa Digunakan Untuk Mengisi Termometer Karena. Thermometer air raksa lebih akurat dalam mengukur suhu badan 2. Pemuaian air raksa teratur atau linear terhadap kenaikan temperatur, kecuali pada temperatur yang sangat tinggi.

Cara Mengukur Suhu Tubuh yang Benar dengan Berbagai Jenis Termometer
Cara Mengukur Suhu Tubuh yang Benar dengan Berbagai Jenis Termometer from bobo.grid.id

Raksa bersifat racun, sehingga berbahaya jika tabungnya pecah. Pertama, air raksa adalah penghantar panas yang baik. Karena faktor inilah, suhu tubuh yang diukur dengan termometer kaca yang diisi air raksa jadi cepat diketahui.10 jan.

Sifat Termometrik Zat Cair pada Termometer

PJJ IPA SMP Kelas 7 - Kelebihan/keuntungan dan kelemahan/kerugian alkohol dan raksa sebagai pengisi termometer ...

Untuk Mengembalikan Fungsinya, Termometer Harus Diayunkan Dengan Keras.

Selain itu kelebihan menggunakan raksa karena memiliki pemuaian yang sangat teratur dan bersifat cepat reaksi ketika terkena panas. Volume air raksa di dalam tabung dapat berubah dengan cepat menyesuaikan suhu tubuh. Nah, itulah perbedaan antara 2 cairan yang banyak digunakan untuk termometer.

Termometer · 1) Air Raksa Tidak Membasahi Dinding Pipa Kapiler, Sehingga Pengukurannya Menjadi Teliti.

Termometer ini mirip desain termometer medis. Raksa digunakan untuk mengisi termometer, karena memiliki keunggulan sebagi berikut. Untuk mengukur suhu suatu ruangan, biasanya termometer ini di gabungkan dengan berbagai alat lain misalnya:

Keduanya Bisa Digunakan Bergantian, Sesuai Dengan Benda Yang Akan Diukur.

Selain air raksa dapat juga digunakan alkohol untuk mengisi tabung termometer. Air tidak digunakan sebagai cairan pengisi tabung termometer karena: Mengapa air raksa dan alkohol digunakan untuk mengisi tabung termometer?

Alkohol Bisa Membasahi Dinding Kaca.

Alat penunjuk waktu, hiasan dinding, dan lain sebagainya. Termometer air raksa yang merupakan gold standar dalam pengukuran suhu sudah banyak ditinggalkan karena bahaya merkuri yang merugikan bagi manusia dan digantikan dengan termometer digital yang lebih ramah lingkungan.tujuan : Air raksa digunakan sbg pengisi termometer, karena.

Dilansir Dari Encyclopedia Britannica, Raksa Digunakan Untuk Mengisi Termometer Karena Pemuaiannya Teratur.30 Agu 2021.

Pertama, air raksa adalah penghantar panas yang baik. Pembaca kemudian dapat membaca temperatur maksimun selama waktu yang telah ditentukan. Karena faktor inilah, suhu tubuh yang diukur dengan termometer kaca yang diisi air raksa jadi cepat diketahui.10 jan.

Leave a Comment