DIKLAT PMHP AHLI

15October2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan DIKLAT PMHP AHLI

DIKLAT PMHP AHLI

PRAKTIK UJI MUTU HASIL PERTANIAN, MASIH DITEMUKANNYA ZAT ADITIF BERBAHAYA PADA BEBERAPA BAHAN PANGAN

 
Uji BoraksUji BoraksLEMBANG – Masih ada saja pedagang nakal yang menggunakan formalin dan boraks sebagai bahan pengawet makanan. Hal tersebut dibuktikan pada uji beberapa bahan pangan dalam praktik Uji Mutu Hasil Pertanian (2/9/16). Bahan pangan seperti bakso, kwetiau serta mie basah terbukti mengandung formalin dan boraks. Selain adanya kandungan zat aditif seperti formalin dan boraks, ditemukan pula residu pestisida pada brokoli dan tomat. 
 
Formalin sendiri merupakan senyawa kimia yang biasa digunakan untuk mengawetkan mayat, sedangkan boraks biasa digunakan untuk mengawetkan kayu. Kedua jenis senyawa kimia tersebut dilarang penggunaannya pada makanan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 722/Menkes/Per/IX/1988. Namun pada praktiknya masih ada saja pedagang nakal yang menggunakan keduanya untuk mengawetkan makanan.
 
“Sebenarnya sangat mudah membedakan makanan yang berformalin atau tidak, makanan yang berformalin biasanya mengkilat, kenyal dan jika dimakan terasa kesat” ujar Asep Sopyan dari Laboratorium Kimia Agro. Asep juga mengatakan bila kita tidak bisa membedakannya secara kasat mata seperti ciri-ciri yang telah disebutkan yang terpenting adalah mengolah bahan makanan tersebut. 
 
Diklat Pengawas Mutu Hasil Pertanian diadakan dari tanggal 18 Agustus 2016 sampai 8 September 2016 dengan salah satu agendanya berupa praktik Uji Mutu Hasil Pertanian.Pada praktik Uji Mutu Hasil Pertanian yang telah dilakukan, beberapa pengujian seperti uji kandungan boraks, formalin, residu pestisida serta uji kandungan senyawa klorin sebagai indikator penggunaan pemutih.
 
Pengujian dilakukan menggunakan tes kit portabel sehingga memudahkan dalam proses pengujian lapangan. Praktik Uji Mutu Hasil Pertanian sendiri dilakukan agar peserta diklat Pengawas Mutu Hasil Pertanian mengetahui cara mengidentifikasi dan melakukan uji senyawa kimia yang berbahaya yang terkandung pada bahan pangan.
 
 
 
 
 
 
 
 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783