Pelatihan Pasca Panen dan Pengolahan Hasil

20October2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Pelatihan Pasca Panen dan Pengolahan Hasil

Pelatihan Pasca Panen dan Pengolahan Hasil

 

 

PELATIHAN PASCA PANEN DAN PENGOLAHAN HASIL
 
bbppl-pasca panen.jpgbbppl-pasca panen.jpgSaat ini penanganan pasca panen dan pengolahan produk hortikultura masih bersifat tradisional sehingga mengakibatkan tingkat kerusakan dan kehilangan cukup tinggi. Pengepakan dan pengangkutan belum dilakukan dengan baik sehingga mengakibatkan kerusakan produk.

Permintaan komoditas hortikultura dari beberapa negara pengimport terutama di belahan bumi utara menunjukan trend yang meningkat, sehingga upaya peningkatan mutu produk perlu diprioritaskan.

Sebagian besar petani Indonesia masih bersifat tradisional dalam penanganan pasca panen produk pertanian, sehingga banyak mengalami penyusutan kualitas dan kuantitas yang berdampak terhadap nilai jual. Di sisi lain, pengetahuan dan keterampilan petani dalam bidang pengolahan hasil masih sangat minim, sehingga tidak dapat meningkatkan nilai tambah.
 
Berkaitan dengan hal tersebut, maka BBPP Lembang pada Tahun 2009 ini menyelenggarakan suatu Pelatihan Pasca Panen dan Pengolahan Hasil yang merupakan langkah strategis bagi peningkatan kesejahteraan petani serta terciptanya sumberdaya manusia pertanian yang handal dan mampu bersaing melalui penguasaan teknologi pasca panen dan pengolahan hasil pertanian yang ditunjang dengan strategi pemasaran yang tepat, sehingga pada akhirnya mampu mandiri dan sejahtera melalui pengembangan usaha pertanian berwawasan agribinis.


bbppl-pasca panen 1.jpgbbppl-pasca panen 1.jpgPelatihan ini diikuti oleh 29 peserta dari 15 Kabupaten di 6 Propinsi yang mengelola P4S di daerahnya masing - masing. Pelaksanaannya selama 7 hari efektif mulai dari Tanggal 19 sampai dengan 26 Oktober 2009 bertempat di Kampus BBPP Lembang.

Untuk penyampaian materi secara klasikal selama 4 hari, dan untuk kegiatan kunjungan / praktek lapang  dilaksanakan selama 2 hari di P4S Mekarsari Kab. Subang dan CV. Bimandiri Lembang.
 
bbppl-pasca panen 2.jpgbbppl-pasca panen 2.jpgProses berjalannya pelatihan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan telah dilakukan dengan baik, pada saat kunjungan lapangan ke P4S Mekarsari, para peserta dapat memahami proses pembuatan dodol nanas mulai dari pemilihan bahan baku sampai dengan pengemasan produk dengan baik. Sedangkan di CV. Bimandiri, para peserta dapat mengetahui cara perlakuan pasca panen yang baik dan benar serta memahami pentingnya menjaga kualitas produk pertanian bagi kelangsungan mutu produk pada saat akan dipasarkan.


bbppl-pasca panen 3.jpgbbppl-pasca panen 3.jpgDari seluruh kegiatan pelatihan tersebut diperoleh hasil peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang melalui pre test/post test peserta sebesar 39,72%, Pencapaian kemajuan yang diperoleh tersebut tentu saja tidak lepas dari kinerja yang baik dan kerjasama antara semua pihak, baik fasilitator, panitia dan peserta. Prosentase                  yang diperoleh dari hasil evaluasi pencapaian tujuan adalah sebesar 84,3% (KinerjaUcapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi tak henti - hentinya selalu disampaikan kepada segenap panitia dan semua pihak yang telah membantu atas tanggung jawab, dedikasi, totalitas, loyalitas dan ketulusan bagi terselenggaranya pelatihan ini dengan baik dan lancar dari awal hingga akhir pelaksanaannya sesuai dengan harapan kita semua. Selamat Jalan Peserta...Selamat Melanjutkan Kegiatan...Semoga Kita dapat bertemu di lain kesempatan di Kampus BBPP Lembang.

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783