Bertani on Cloud “Eggrol Mocapi” Menarik Minat Ribuan Peserta

27September2020

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Bertani on Cloud “Eggrol Mocapi” Menarik Minat Ribuan Peserta

Bertani on Cloud “Eggrol Mocapi” Menarik Minat Ribuan Peserta

bbpplembang bertanioncloud eggrollmocapibbpplembang bertanioncloud eggrollmocapi“Setiap hari selasa dan kamis saya mengikuti Bertani on Cloud. Materinya bagus-bagus dan mudah diaplikasikan kepada masyarakat dan cara penyampaian materinya oleh para widyaiswara mudah dipahami”, jelas Aprilia, salah seorang Penyuluh Pertanian Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan yang menjadi peserta Bertani on Cloud volume 11 sesi Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Bertani on Cloud kali ini materinya adalah membuat Eggroll Mocaf Pisang, atau dibranding dengan “Eggroll Mocapi”, yang disampaikan oleh Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya, Kamis (14/05/2020). “Pelatihan Eggroll Mocapi ini sangat tepat karena berkaitan dengan upaya kita meningkatkan pangan lokal. Tepung mocaf tidak kalah gizi dengan tepung yang terbuat dari gandum. Ini menjadi salah satu peluang substitusi impor dimana data menunjukkan impor tepung terigu per tahun 10 juta ton, jika dihitung sebesar 30 trilyun per tahun. Dengan adanya kearifan lokal tepung mocaf maka bisa menghasilkan devisa bagi negara”, jelas Bustanul. “Mari bersama-sama baik itu petani, penyuluh, widyaiswara untuk terus sosialisasikan pangan lokal sehingga bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri”, ajak Bustanul mengakhiri sambutan. Tampak hadir pula Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Kemal Mahfud.

Bertani on Cloud dilaksanakan sebanyak 2 sesi, yaitu sesi 1 pukul 08.00, dan sesi 2 pukul 13.00. Peserta yang terekam mengakses Bertani on CloudEggroll Mocapi” dari berbagai kanal media komunikasi, baik melalui cloud meeting zoom sebanyak 300 orang baik itu penyuluh di BPP seluruh Indonesia, widyaiswara, dan masyarakat lainnya. Bertani on Cloud “Eggroll Mocapi” juga disaksikan secara live streaming di youtube elearning Puslatan, dan live streaming fanspage BPPSDMP yang disaksikan lebih dari 1.000 orang peserta.

bbpplembang bertanioncloud eggrollmocapi1bbpplembang bertanioncloud eggrollmocapi1Widyaiswara Spesialisasi Pengolahan Hasil Pertanian, Aris Hanafiah, Saptoningsih dan Tim Laboratorium  Pengolahan Hasil, secara rinci, serius namun santai, menjelaskan tentang alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat eggroll mocaf pisang yang berbahan dasar tepung mocaf dan pisang ambon lumut. Suasana pelatihan elearning semakin menarik saat pemateri memberikan quiz pertanyaan kepada peserta yang langsung direspon peserta. Enam orang dari 2 sesi berhasil menjawab dengan betul dan mendapat hadiah menarik dari panitia. Diskusi juga berjalan dengan baik, dan pertanyaan dapat dijawab oleh pemateri.

Bertani on Cloud yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian, sejalan dengan keinginan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, bahwa, “pertanian tidak boleh berhenti, lakukan semua aktivitas pertanian mulai dari of farm hingga off farm dan kegiatan lainnya, namun tetap perhatikan protokol pencegahan penyebarluasan pandemi covid-19”, “ini semua karena tanggung jawab kita menyediakan pangan bagi 267 juta jiwa penduduk Indonesia”, tegasnya.

Bertani on Cloud memperoleh apresiasi dari Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Prof. Dedi Nursyamsi. “Ditengah pandemi covid-19 ini, 3 pilar dalam pengembangan SDM pertanian juga harus tetap berjalan baik itu pendidikan, pelatihan dan penyuluhan”, jelas Dedi. “Bertani on Cloud ini merupakan terobosan model pelatihan yang dapat menjangkau masyarakat luas dengan topik materi yang menarik dan sederhana setiap kalinya, apalagi kita dalam kondisi mayoritas bekerja dari rumah (work from home), sehingga solusi efektif dalam peningkatan kompetensi masyarakat kita”, ujarnya lagi. 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783