Widyaiswara Curi Perhatian 427 Peserta di Pelatihan Kultur Jaringan Metode E-Learning dengan Zoom Cloud Meeting

29September2020

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Widyaiswara Curi Perhatian 427 Peserta di Pelatihan Kultur Jaringan Metode E-Learning dengan Zoom Cloud Meeting

Widyaiswara Curi Perhatian 427 Peserta di Pelatihan Kultur Jaringan Metode E-Learning dengan Zoom Cloud Meeting

bbpplembang puslatanoncloud kuljarbbpplembang puslatanoncloud kuljarLEMBANG. Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, seperti yang disampaikan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti, termasuk dalam hal pengembangan SDM pertanian, yaitu penyelenggaraan pelatihan. “Tetap kerja produktif, ikuti protokol pencegahan Covid-19 dan giatkan online system dan elearning”, begitu pesan SYL. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Prof. Dedi Nursyamsi, menyampaikan, “tiga program aksi BPPSDMP sebagai acuan pelaksanaan program Kementerian Pertanian tersebut, yaitu: 1) Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), 2) Penyuluhan, pendidikan dan pelatihan vokasi mendukung penumbuhan pengusaha pertanian milenial 2,5 juta selama 5 tahun, 3) Penyuluhan, pendidikan dan pelatihan vokasi mendukung program utama Kementerian Pertanian seperti Gedor Horti, Grasida, Sikomandan, KUR, PMS, dan Gratieks”.

Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP menyelenggarakan Pelatihan on Cloud, dengan jadwal setiap hari selasa dan kamis yang dibawakan oleh UPT Pelatihan Lingkup BPPSDMP. Kamis (16/04/2020), Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang pada kali keempat Puslatan menyelenggarakan elearning, membawakan materi Kultur Jaringan. Kepala Pusat Pelatihan, Bustanul Arifin Caya saat membuka pelatihan disaksikan lebih dari 400 peserta pelatihan yang join video conference via zoom menyampaikan, “Puslatan on cloud ini merupakan bukti bahwa ditengah pandemi covid-19, kita tetap melaksanakan kegiatan pelatihan yang mendukung program Kementerian Pertanian. Elearning ini sangat menarik, bisa diakses 24 jam, fleksibel, materi-materinya sangat menarik dari setiap UPT Pelatihan yang menyajikan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan kita semua tentang pertanian”. “Kultur jaringan merupakan materi yang menarik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita dalam perbanyakan vegetatif tanaman”, jelas Bustanul.

Kepala BBPP Lembang, Kemal Mahfud menyampaikan, “Semoga Pelatihan Kultur Jaringan ini bermanfaat bagi kita semua, selamat menyaksikan persembahan dari BBPP Lembang selama 2 sesi, pagi ini jam 8.00 dan 13.00 siang nanti”.

Widyaiswara Spesialisasi Budidaya yang mumpuni dibidang kultur jaringan, Abd. Rohim,  didampingi Widyaiswara dan Pengelola Laboratorium, dihadapan peserta yang join pelatihan via video conference zoom, membawakan 3 sub materi pada Pelatihan Kultur Jaringan dan langsung mempraktikkannya di Laboratorim Kultur Jaringan, yaitu: pembuatan media, sterilisasi eksplan pisang, penanaman eksplan pisang. Suasana pelatihan elearning semakin menarik saat pemateri memberikan quiz pertanyaan kepada peserta yang langsung direspon peserta. Enam orang dari 2 sesi berhasil menjawab dengan betul dan mendapat hadiah menarik dari panitia. Diskusi juga berjalan dengan baik tentang kultur jaringan, dipandu host Puslatan on Cloud baik yang bertanya langsung ataupun via chat yang tersedia di aplikasi zoom. Sesi pertama diikuti oleh 240 orang peserta dan sesi kedua diikuti 187 orang peserta.

Andi Kahfiani, salah seorang peserta menyampaikan kesannya, “Terimakasih BBPP Lembang atas ilmunya, semoga ada kelanjutannya ya pelatihan ini”. (Chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783