Genjot Produktivitas Porang melalui Pelatihan untuk Mendukung Gratieks

07July2020

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Genjot Produktivitas Porang melalui Pelatihan untuk Mendukung Gratieks

Genjot Produktivitas Porang melalui Pelatihan untuk Mendukung Gratieks

bbpplembang pelatihanporang3bbpplembang pelatihanporang3GARUT. Porang adalah tanaman penghasil umbi yang dapat dimakan. Budidaya tanaman porang saat ini sedang diminati. Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphopallus muelleri. Manfaat porang banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, dan selain itu juga untuk pembuatan lem dan jelly. Karena banyak manfaatnya sehingga  beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke Negeri Sakura, Jepang, Tiongkok, Vietnam, dan Australia dengan nilai ekspor cukup tinggi.

bbpplembang pelatihanporang2bbpplembang pelatihanporang2Porang menjadi salah satu komoditas yang ingin ditingkatkan produktivitasnya oleh Kementerian Pertanian untuk meningkatkan nilai ekspor, melalui Program  Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks), Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian turut berperan aktif terhadap program itu dengan melaksanakan Pelatihan Teknis Tematik di P4S di P4S Champ Pakenjeng Kabupaten Garut. selama 3 hari mulai 17 – 19 Februari 2020. Peserta merupakan petani budidaya porang di Kabupaten Garut sebanyak 60 orang (2 angkatan).

Senin (17/02/2020), pembukaan pelatihan oleh Kepala Seksi Aneka Kacang dan Umbi, Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Sayyidah Nur. “Tujuan pelatihan ini untuk menyamakan persepsi dan gerak langkah dalam pelaksanaan pembinaan kelembagaan pelatihan pertanian swadaya, mewujudkan peran dari lembaga P4S sebagai sarana tempat berlatih dibidang pertanian yang maju dan berkesinambungan, mewujudkan P4S yang mampu menselaraskan arah dan tujuan dari program pemerintah bidang pertanian, dan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan petani dalam budidaya tanaman porang”, jelas Sayyidah dihadapan para peserta.

bbpplembang pelatihanporang1bbpplembang pelatihanporang1Selama berlatih 3 hari, peserta memperoleh materi secara klasikal tentang budidaya porang. Materi kelompok dasar yaitu Kebijakan Pengembangan Porang di Kabupaten Garut. Untuk materi kelompok inti adalah Pengenalan Agribisnis Porang, Tumpang Sari Porang, Budidaya Porang Intensif, Perbenihan Porang dimana peserta dikenalkan perbenihan dengan teknologi kultur jaringan, Manfaat dan Budidaya Porang serta Prospek Bisnis Porang. Kunjungan lapang ke lokasi budidaya porang di Kabupaten Garut yang sudah sukses berbisnis porang. Ini untuk membuka perspektif peserta untuk semangat berbisnis porang untuk menghasilkan pundi-pundi uang dengan menjual porang ke luar negeri.

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783