BBPP Lembang Selenggarakan Pelatihan Teknis Tematik di P4S untuk Menggenjot Ekspor Komoditas Pertanian

14October2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan BBPP Lembang Selenggarakan Pelatihan Teknis Tematik di P4S untuk Menggenjot Ekspor Komoditas Pertanian

BBPP Lembang Selenggarakan Pelatihan Teknis Tematik di P4S untuk Menggenjot Ekspor Komoditas Pertanian

bbpplembang pelatihan P4SMudaBerkaryabbpplembang pelatihan P4SMudaBerkaryaTASIKMALAYA. Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) adalah lembaga pelatihan pertanian yang didirikan, dimiliki, serta dikelola oleh petani secara mandiri baik perorangan maupun kelompok. Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik di P4S Muda Berkarya Kabupaten Tasikmalaya. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari mulai 4-6 September 2019 dengan peserta sebanyak 20 orang petani.

Pelatihan dibuka secara resmi Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya, Tia Kustiadi, dan dihadiri oleh Camat Cibatu, Asep M. Dahliana, dan Widyaiswara BBPP Lembang, Aris Hanafiah. “Pelatihan di P4S ini dimaksudkan agar peserta pelatihan bisa belajar dengan baik dan mudah dari para pengelola P4S yang dengan sukarela berbagai pengetahuan dan pengalamannya langsung di lapangan sehingga petani dapat melihatnya dan akan mencontoh”, jelas Tia. “Diharapkan dengan demikian petani bisa mengaplikasikan hal yang baik dengan harapan lebih kompeten dan produktivitasnya meningkat, bisa merambah pasar ekspor sehingga kesejahteraan tercapai”, demikan ungkap Tia sebelum membuka pelatihan secara resmi.

Selama berlatih, peserta belajar budidaya padi organik secara klasikal dan praktik, juga belajar tentang kelembagaan petani. Peserta praktik pengolahan lahan dengan alsintan. Disampaikan oleh fasilitator tentang penggunaan dan pemeliharaan alsintan yaitu traktor roda 2 dalam pengolahan lahan, manfaatnya untuk efisiensi tenaga, waktu dan biaya. Peserta juga diberikan materi tentang pertanian organik dan praktik membuat mikro organisme lokal (MOL) serta pembuatan pestisida nabati. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783