Peningkatan Kesejahteraan Petani dengan Model Pelatihan dengan Onsite Training Model

14October2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Peningkatan Kesejahteraan Petani dengan Model Pelatihan dengan Onsite Training Model

Peningkatan Kesejahteraan Petani dengan Model Pelatihan dengan Onsite Training Model

bbpplembang OTM58 sesi7 1bbpplembang OTM58 sesi7 1LEMBANG. Sesi ke-7 Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran dengan Onsite Training Model Angkatan 58 dilaksanakan pada Selasa (03/09/2019). Sesi terakhir ini diisi dengan kegiatan kunjungan 25 peserta pelatihan ke Packing House Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Peserta pelatihan yang tergabung di Kelompok Tani Sinar Barokah Kecamatan Parongpong, memperoleh penjelasan dari salah seorang Widyaiswara BBPP Lembang sekaligus Counterpart, Yeyep Dintan, tentang sistem pemasaran sayuran yang dikelola oleh Lembang Agribusiness Incubation Center (LAIC).

bbpplembang OTM58 sesi7 2bbpplembang OTM58 sesi7 2“Kerjasama pemasaran ini diawali dengan melakukan budidaya yang baik dimana peserta pelatihan telah dilatih selama 7 sesi tentang budidaya sayuran yang baik dan benar”, jelas Yeyep mengawali kunjungan. “kami disini baik BBPP Lembang maupun Taiwan ICDF melalui Taiwan Technical Mission ingin membantu para petani agar kedepannya memiliki penghasilan yang baik sehingga kesejahteraannya meningkat, karenanya diperlukan kerja keras dari petani”, ungkap Yeyep lagi.

Peserta diajak melihat aktivitas di Packing House, dan dijelaskan tentang masing-masing bagian atau ruangan yang ada di Packing House, mulai dari ruangan Reception, ruangan Pre-cooling, ruangan Cleaning & Sorting, ruangan Packaging & Labeling, ruangan Food Processing, ruangan Cold Storage, dan ruangan Shipping Stage. Lalu mengunjungi melihat Green House Modern yang digunakan untuk budidaya tanaman dan juga persemaian. “LAIC sudah memasarkan produk sayuran dari petani alumni pelatihan ke 10 outlet baik di Bandung maupun wilayah lainnya. Target kami tahun 2020 ada 40 outlet yang bisa bekerjasama, karenanya kami membutuhkan partisipasi aktif dari para alumni untuk bisa menjadi supplier kami melalui contract farming yang kita buat nantinya. Dalam bermitra, yang penting adalah kuantitas, kualitas, kontinuitas, dan komitmen”, jelas Yeyep.

bbpplembang OTM58 sesi7bbpplembang OTM58 sesi7Sesi 7 diakhiri dengan kegiatan penutupan pelatihan.Penutupan oleh Kepala Seksi Pelatihan Non Aparatur, Irwan Waluya dan dihadiri oleh Widyaiswara sekaligus Counterpart serta Penyuluh Pertanian. Dalam laporan hasil pelatihan, dari beberapa evaluasi yang dilakukan mulai dari daily mood, pemahaman materi, kepuasan peserta dan penilaian terhadap fasilitator, secara umum penyelenggaraan pelatihan berjalan dengan baik. “pelatihan tidak sampai disini karena akan ada kegiatan pendampingan hingga 1 tahun kedepan. Karenaya bila ada kesulitan saat budidaya silakan menghubungi penyuluh atau BBPP Lembang dan kami siap membantu”, jelas Irwan. (chetty)

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783