Pemberdayaan P4S untuk Peningkatan Nilai Tambah

14October2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Pemberdayaan P4S untuk Peningkatan Nilai Tambah

Pemberdayaan P4S untuk Peningkatan Nilai Tambah

bbpplembang pelatihan P4SIttifaqbbpplembang pelatihan P4SIttifaqCIWIDEY. Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah lembaga pelatihan pertanian yang didirikan, dimiliki, serta dikelola oleh petani secara mandiri atau swadaya baik perorangan maupun secara berkelompok. P4S didirikan dengan harapan petani tidak hanya menghasilkan produksi, namun bisa juga membangun jejaring kerjasama dengan para stakeholder dalam hal wirausaha pertanian yang mampu meningkatkan taraf hidup petani. Dengan keberadaan P4S pula, diharapkan muncul petani yang mampu menjadi role model yang mau secara sukarela menularkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya yang akan memberi dampak positif di lingkungannya.

bbpplembang pelatihan P4SIttifaq1bbpplembang pelatihan P4SIttifaq1Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, melalui Program Pelatihan Teknis Tematik di P4S, memandang perlu dan pentingnya peran dan kontribusi P4S dalam pembangunan pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan. Pelatihan Teknis Tematik diselenggarakan di P4S Al-Ittifaq, yang merupakan salah satu P4S binaan BBPP Lembang yang berlokasi di Kabupaten Bandung. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari mulai 11-13 Juli 2019 dengan peserta 20 orang petani.

bbpplembang pelatihan P4SIttifaq2bbpplembang pelatihan P4SIttifaq2Tujuan dilaksanakanannya pelatihan ini adalah: 1) menciptakan kesamaan persepsi dan gerak langkah dalam pelaksanaan pembinaan kelembagaan pelatihan pertanian swadaya, 2) mewujudkan peran dari lembaga P4S sebagai sarana tempat berlatih dibidang pertanian yang maju dan berkesinambungan, 3) mewujudkan P4S yang mampu menselaraskan arah dan tujuan dari program pemerintah dibidang pertanian.

Selama berlatih, peserta memperoleh materi secara klasikal tentang: a) Budidaya Wortel Kurota, 2) Budidaya Buncis Kenya, 3) Budidaya Ternak Domba, 4) Mekanisasi Pertanian, 5) Membuat Pupuk Organik Bokashi Padat-Cair, 6) Membuat Pakan Ternak Limbah Pertanian. Untuk lebih memahami substansi materi, peserta praktik pengolahan lahan menggunakan alsintan, penanaman, pemupukan, pembuatan pupuk kompos cair dan padat, serta pemeliharaan domba.

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783