Langkah Awal Budidaya Brokoli

06December2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Langkah Awal Budidaya Brokoli

Langkah Awal Budidaya Brokoli

bbpplembang pelatihanOTM angkt52 sesi3 1bbpplembang pelatihanOTM angkt52 sesi3 1LEMBANG. Teriknya matahari siang di musim kemarau, tetap membakar semangat peserta Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran Angkatan 52 untuk hadir di lokasi pelatihan pada sesi 3, Rabu (12/06/2019). Dipandu oleh fasilitator pelatihan, Penyuluh Pertanian, Evan, dan Petugas POPT, Ine, membagi peserta menjadi 3 kelompok dan masing-masing langsung mempraktikkan membuat naungan persemaian, mengolah lahan, dan melakukan persemaian benih tanaman brokoli. Tampak hadir pula para Counterpart kerjasama antara BBPP Lembang dan Taiwan Technical Mission, Yeyep Dintan dan Dewi Padmisari, serta Kasie Non Aparatur, Irwan Waluya, yang turut memantau jalannya pelatihan agar berjalan dengan baik.

bbpplembang pelatihanOTM angkt52 sesi3 3bbpplembang pelatihanOTM angkt52 sesi3 3Media yang digunakan untuk membuat persemaian adalah arang sekam dan kascing (terbuat dari kotoran cacing merah), dengan perbandingan 1:1. Keduanya dicampur hingga merata dan diberi air hingga agak lembab, selanjutnya dimasukkan kedalam tray. Lalu, benih brokoli satu persatu dimasukkan kedalam lubang tray. Kelebihan melakukan persemaian seperti yang diungkapkan oleh Yeyep Dintan, “dengan membuat persemaian, maka bbpplembang pelatihanOTM angkt52 sesi3 2bbpplembang pelatihanOTM angkt52 sesi3 2kerja menjadi lebih cepat, memperkuat perakaran tanaman, dan dapat mencegah bengkak akar”, ujar Yeyep kepada peserta.

Kelompok lainnya membuat naungan persemaian, yang terbuat dari bambu. Bambu satu persatu dirangkai menjadi suatu naungan sederhana tempat tray-tray persemaian nantinya diletakkan selama kurang lebih 2 minggu, sebelum tanaman dipindahkan ke lahan. Di kelompok terakhir, peserta melakukan olah lahan menggunakan alat mesin pertanian jenis cultivator diatas lahan demplot peserta pelatihan seluas 50 m2 yang nantinya akan ditanami brokoli. (Chetty)

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783