Onsite Training Model untuk Peningkatan Kesejahteraan Petani

15December2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Onsite Training Model untuk Peningkatan Kesejahteraan Petani

Onsite Training Model untuk Peningkatan Kesejahteraan Petani

bbpplembang pelatihanOTM ang49 pembukaanbbpplembang pelatihanOTM ang49 pembukaanLEMBANG. Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran dengan Onsite Training Model kerjasama Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dengan Taiwan ICDF melalui Taiwan Technical Mission (TTM) kembali digelar secara simultan sebanyak 6 angkatan. Angkatan 49 berlokasi di Kelompok Tani Master Lemon, Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Pembukaan pelatihan, Senin (08/04/2019) oleh salah satu counterpart kerjasama BBPP Lembang dan TTM sekaligus widyaiswara, Yeyep Dintan.

bbpplembang pelatihanOTM ang49 pembukaan1bbpplembang pelatihanOTM ang49 pembukaan1“Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani Kabupaten Bandung Barat. Program ini diawali dengan pelaksanaan pelatihan agar petani mampu melakukan budidaya brokoli dengan lebih baik dan benar”, jelas Yeyep sebelum membuka pelatihan. Setelah pelatihan sebanyak 7 sesi, peserta akan terus didampingi baik oleh penyuluh dan widyaiswara BBPP Lembang yang bertujuan agar setiap permasalahan petani dapat teratasi langsung di lapangan.

BBPP Lembang memiliki bangunan Packing House Modern sebagai rumah kemas tempat petani alumni pelatihan bisa memasarkan hasil panennya disana bbpplembang pelatihanOTM ang49 pembukaan2bbpplembang pelatihanOTM ang49 pembukaan2setelah mengikuti pelatihan ini. “Yang penting, untuk pemasaran adalah kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. Memang tidak mudah, tapi tidak ada hasil yang mengalahkan upaya, bila ingin sukses maka harus bekerja keras”, demikian disampaikan Yeyep untuk memotivasi petani peserta pelatihan.

Pola pelatihan yang unik dan berbeda dari proses pelatihan pada umumnya, disamping terdiri dari 7 sesi; dilaksanakan di lokasi usahatani; memadukan pelatihan dan penyuluhan, maka sesaat setelah pembukaan, diadakan kegiatan Identifikasi Kebutuhan Pelatihan (IKP) dengan metode Focus Group Discussion (FGD). Ini dilakukan untuk menjaring materi mana saja yang dibutuhkan oleh peserta, yang nantinya akan menjadi kurikulum pelatihan. IKP dipandu para fasilitator baik penyuluh pertanian maupun petugas POPT. (Chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783