Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan dengan Pestisida Nabati dan Pupuk Organik Cair

19October2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan dengan Pestisida Nabati dan Pupuk Organik Cair

Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan dengan Pestisida Nabati dan Pupuk Organik Cair

bbpplembang pelatihanOTM35-1bbpplembang pelatihanOTM35-1LEMBANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai instansi dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, memiliki tugas pokok melaksanakan pelatihan bagi aparatur dan non aparatur pertanian. BBPP Lembang bekerjasama dengan Taiwan Technical Mission melaksanakan pemberdayaan petani melalui penyediaan sarana dan prasarana, pelatihan, dan pemasaran bersama bagi petani di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung. Pelatihan yang dilaksanakan melalui Diklat Teknis Agribisnis Sayuran menggunakan metode Onsite Training Model, dimana pelatihan ini berbasis outcome yaitu selain meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan, juga harapannya dapat meningkat pendapatan petani dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani.

bbpplembang pelatihanOTM35-2bbpplembang pelatihanOTM35-2Rabu (30/08/2018), dilaksanakan pelatihan untuk angkatan 35 yang berlokasi di Desa Tugu Mukti Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Kelompok Tani Sinar Mukti yang merupakan tempat usaha dari petani maju (core farmer). Memasuki sesi 4, yaitu pengenalan teknologi pertanian ramah lingkungan melalui pembuatan pupuk organik cair dan pembuatan pestisida nabati. bbpplembang pelatihanOTM35bbpplembang pelatihanOTM35Materi dan praktik disampaikan dan dibimbing langsung oleh penyuluh dan core farmer. Keseluruhannya memanfaatkan bahan-bahan alami dari tumbuhan yang ada disekitar kita misalnya daun sirsak, bawang putih, dll serta urine binatang ternak dengan campuran bahan tertentu lainnya. Pupuk organik cair efektif dalam menyuburkan tanaman dan pestisida nabati juga efektif dalam pengendalian hama dan penyakit pada tanaman.

Muhamad Taufik, core farmer dari Angkatan 35 menyampaikan “peserta pelatihan saat ini sedang memperoleh materi dan praktik langsung untuk membuat pestisida nabati. Teknologi pertanian ini efektif dan efisien karena bahan mudah diperoleh dan mudah dibuatnya. Kandungan alami dalam pestisida nabati dapat mengurangi kandungan kimia pada sayuran yang dibudidayakan”. (chetty)

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783