Pelatihan Teknis Tematik Kelapa bagi Petani dan Pelaku Usaha Kelapa

23November2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Pelatihan Teknis Tematik Kelapa bagi Petani dan Pelaku Usaha Kelapa

Pelatihan Teknis Tematik Kelapa bagi Petani dan Pelaku Usaha Kelapa

bbpplembang pelatihantematik kelapa pandeglangbbpplembang pelatihantematik kelapa pandeglangPANDEGLANG. Tahun Anggaran 2018, Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang (BBPP) Lembang menyelenggarakan berbagai Pelatihan Teknis Tematik, baik komoditas tanaman pangan, hortikultura, maupun perkebunan. Kelapa, sebagai salah satu komoditas strategis yang sedang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian, akan digenjot produktivitasnya melalui peningkatan kompetensi petani selaku pelaku utama kelapa dan pelaku usaha kelapa. Karena itu, BBPP Lembang menyelenggarakan Pelatihan Teknis Kelapa yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 14 – 16 Maret 2018 di Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandeglang sebagai salah satu wilayah pengembangan budidaya kelapa di Tanah Air.

bbpplembang pelatihantematik kelapa pandeglang1bbpplembang pelatihantematik kelapa pandeglang1Selama ini para pelaku budidaya kelapa membudidayakan kelapa hanyalah merupakan kegiatan rutin yang turun-temurun tanpa memiliki kemampuan apapun sejak dari tanam hingga berbuah. Mereka tidak pernah dibekali sentuhan kemampuan berbudidaya menggunakan teknologi pertanian terkini sedikitpun. Melalui kesempatan mengikuti Pelatihan Teknis Tematik inilah mereka baru mengenal teknologi dalam membudidayakan kelapa dengan baik dan benar. Dengan demikian, materi pelatihan yang diberikan mencakup seluruh tahapan dalam berbudidaya. Dengan pelatihan ini diharapkan pelaku budidaya kelapa mampu meningkatkan produksi kelapa lebih baik lagi.

Pelatihan yang diikuti oleh 20 orang peserta ini, dilaksanakan secara klasikal pemberian materi di kelas dengan materi-materi tentang proses budidaya kelapa, mulai dari penyiapan bahan tanam dan pembibitan; persiapan lahan; penanaman; pemeliharaan tanaman meliputi pemupukan dan pengendalian gulma dan OPT; panen dan pascpapanen. Peserta juga diajak praktik langsung tentang pembuatan mikroorganisme lokal (MOL). (Chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783