Pertanian goes to School

19October2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Pertanian goes to School

Pertanian goes to School

 

 

Pertanian goes to School...

 

bbppl-pertanian go to school2.jpgbbppl-pertanian go to school2.jpgBBPP Lembang pada tanggal 4 Februari 2009 kedatangan tamu dari SMA Negeri 60 Jakarta sebanyak 274 siswa/i kelas IX jurusan IPA dan IPS yang didampingi oleh 24 guru.

Ceritanya sih…mereka berkunjung ke BBPP Lembang khususnya ke Pusat Inkubator Agribisnis dengan maksud dan tujuan untuk lebih mengenal pertanian yang selanjutnya diharapkan mencintai pertanian..hmm..bagusss! siswa/i ini dibagi menjadi 8 kelompok untuk secara bergantian mengunjungi dan melihat secara langsung kegiatan yang ada di Inkubator Agribisnis yaitu di laboratorium pengolahan hasil pertanian dimana tujuannya di samping sebagai instalasi berlatih juga memanfaatkan produk pertanian untuk diolah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis tinggi seperti ampas wortel diolah menjadi stick wortel, biji nangkbbppl-pertanian go to school1.jpgbbppl-pertanian go to school1.jpgbbppl-pertanian go to school4.jpgbbppl-pertanian go to school4.jpga menjadi stick biji nangka dansintrong yang tumbuh dimana saja tanpa perlu kita membudidayakannya diolah menjadi keripik sintrong. (hebat ga tuh, inovatif banget kan…)
Selain itu mereka juga diperkenalkan peralatan untuk pengolahan hasil pertanian. Pada laboratorium kultur jaringan mereka dapat mengetahui bagaimana cara memperbanyak tanaman melalui teknologi kultur jaringan. Pada screen aeroponik mereka melihat kentang yang sesaat lagi akan dipanen berupa G0 untuk kemudian setelahbbppl-pertanian go to school3.jpgbbppl-pertanian go to school3.jpg 4 bulan akan ditanam di dalam tanah selanjutnya melalui tahapan G2, G3 dan G4 untuk kemudian dipanen dan dijual. Setelah itu, mereka melihat screen hidroponik dengan tanaman tomatnya dan kumbung jamur tiram. Setelah itu mereka mendapat penjelasan  seputar budidaya jagung Jepang serta edamame dilanjutkan ke tabulampot. Pada kebun tanaman hias (kaktus dan anggrek) tampak sekali kekaguman mereka melihat berbagai jenis kaktus ataupun anggrek yang menurut mereka sangat variatif. Terpantau dari lapangan dan dari wawancara dengan beberapa siswa/i bahwa mereka sangat puas dengan kegiatan study tour ini karena mereka belum pernah sebelumnya melihat secara langsung komoditas pertanian yang dapat berkembang dengan baik di BBPP Lembang ini.
 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783