Studi Banding Petugas/Penyuluh Kabupaten Pangkep

17October2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Studi Banding Petugas/Penyuluh Kabupaten Pangkep

Studi Banding Petugas/Penyuluh Kabupaten Pangkep

 

 

Studi Banding Petugas/Penyuluh
Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan

 
bbppl-pangkep2.jpgbbppl-pangkep2.jpgTanggal 14 – 16 April 2009 di BBPP Lembang kedatangan tamu peserta studi banding dari Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Mereka yang datang adalah Kepala Badan dan Kepala Bidang serta staf Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Pertanian (BKPPP) Kabupaten Pangkep serta 9 orang Koordinator Penyuluh se-Kabupaten Pangkep.
bbppl-pangkep5.jpgbbppl-pangkep5.jpgPada hari Rabu, 15 April 2009, peserta studi banding beserta Bpk. Dadi Sumardi dan Bapak Hendra Gunawan dari BBPP Lembang berangkat menuju Kab. Indramayu ke P4S binaan BBPP Lembang yaitu P4S Tajam. P4S Tajam (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaaan Swadaya Tani Jamur Merang) merupakan perkumpulan dari berbagai petani jamur khususnya jamur merang serta sayuran yaitu kembang kol dataran rendah. P4S Tajam berlokasi di desa Sumuradem, Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu dan didirikan pada tanggal 9 Juni 2007 dengan ketuanya Bpk. M.Abror. Kedatangan rombongan baik dari Kabupaten Pangkep maupun dari BBPP Lembang disambut oleh para pengurus P4S Tajam beserta kelompok taninya dan juga oleh pejabat daerah setempat yaitu Kepala UPTD Bpk. Abdul Mu’in beserta jajarannya diantaranya para penyuluh maupun THL-TBPP.
bbppl-pangkep4.jpgbbppl-pangkep4.jpg
 
Pertemuan ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan dimana bangunannya merupakan hasil dari program penguatan kelembagaan BBPP Lembang. Setelah itu, wakil dari BKPPP Kabupaten Pangkep mengutarakan maksud kedatangannya yaitu ingin lebih mengetahui kegiatan teknologi pertanian di Jawa Barat pada umumnya.  Sekretaris P4S Tajam, Bpk. Muhidi menjelaskan kegiatan tani yang ada di P4S Tajam yaitu jamur merang dan kembang kol.
 
bbppl-pangkep3.jpgbbppl-pangkep3.jpgUntuk jamur merang, P4S tajam memiliki 40 kumbung dengan produksi rata-rata 2,5 kwintal tiap kumbung dengan harga 15.000/kg. Untuk pengolahan hasil produksi, jamur merang pun dijadikan keripik dan limbah jamur merangnya dijadikan pupuk kompos. bbppl-pangkep7.pngbbppl-pangkep7.pngUntuk kembang kol, memiliki berat minimal 0.8 ons sampai 1,5 kg per buah dengan umur 45 hari panen. Untuk ukuran lahan satu hektar dapat di tanami kurang lebih 24.323 pohon dengan jarak tanam 45-50 cm2. Untuk pemasarannya, selain ke pasar lokal, kota dan swalayan, P4S Tajam sudah menjangkau ekspor ke Taiwan bekerjasama dengan PT. Gloria. Pertemuan dan diskusi diakhiri dengan kunjungan lapang dengan melihat kumbung-kumbung jamur yang ada, lahan tanam kembang kol serta proses pembuatan pupuk kompos dari limbah jamur.
 
 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783