Panen Raya DEM FARM SL - Agribisnis Padi 2011 Kabupaten Subang

10December2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Panen Raya DEM FARM SL - Agribisnis Padi 2011 Kabupaten Subang

Panen Raya DEM FARM SL - Agribisnis Padi 2011 Kabupaten Subang

bbpplembang_demfarm_subang_01bbpplembang_demfarm_subang_01Kamis, tanggal 15 September 2011 pukul 09.00 WIB, Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang Bapak Ir. Muchransyah Achmad, M.Si. yang didampingi beberapa Widyaiswara menghadiri acara Panen Raya di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari  pelaksanaan Dem Farm  SL Agribisnis Padi yang diselenggarakan di Desa Bojongjaya Kecamatan Pusaka Jaya Kabupaten Subang untuk mendukung Program P2BN (Percepatan Produksi Beras Nasional) tepatnya di Gapoktan Margahayu.

Dem Farm SL Agribisnis ini merupakan kerjasama dari Kementerian Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian melalui BBPP Lembang dengan BP4KP Kabupaten Subang, Pupuk Kujang dan Petro Kimia Kayaku.

Acara panen raya ini dihadiri oleh jajaran instansi pemerintah beserta swasta selaku sponsor dalam pelaksanaan Dem Farm SL – Agribisnis Padi tahun 2011 di Kabupaten Subang yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Ka Biro Pertanian Pemda Jabar (Ir. Toto Moh. Toha, M.Si.), Wakil Bupati Kabupaten Subang, diwaklili oleh Kepala BP4KP (Ir. Endang Sutarsa), Kepala Dinas Pertanian Subang, Camat Pusaka Jaya, PT. Pupuk Kujang, dan PT. Petrokimia Kayaku.

Dalam sambutannya Kepala BBPP Lembang ,  menyampaikan bahwa melalui Dem Farm SL Agribisnis Padi memiliki tingkat keberhasilan produktivitas padi yang tinggi, dikarenakan pupuk dan kebutuhan lainnya untuk bertanam padi telah disediakan tepat waktu oleh sponsor, sehingga memberi kemudahan bagi petani. SL – Agribisnis ini juga dirancang untuk mensukseskan  program P2BN dengan tujuan meningkatkan produktivitas beras sebesar 7% dari tahun sebelumnya.  Berdasarkan data riset, konsumsi beras masyarakat Indosnesia tahun ini menurun dari 135 kg/kapita menjadi 113 kg/kapita.

 Dalam pelaksanaannya BBPP Lembang melakukan pengawalan berupa bimbingan Dem Farm dengan mengerahkan 26 Widyaiswara dalam pelaksanaan SL – Agribisnis dimulai dari pemilihan bibit, penanaman hingga pemasaran. Selain itu dengan adanya SL – Agribisnis dan bimbingan dari BBPP Lembang, diharapkan memunculkan entrepreneur unggul di kalangan petani Indonesia, jelas Bapak Ir. Muchransyah Achmad, M.Si.

 Selain itu dalam sambutannya pula Bapak Ir. Toto Moh. Toha, M.Si selaku Kabiro Pertanian Propinsi Jawa Barat menjelaskan peningkatan keberhasilan dalam pencapaian produksi harus menjadi perhatian seluruh pemerintah baik di pusat dan daerah. Dengan perhatian tersebut  akan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat Indonesia.

 Kegiatan Temu Wicara dengan Gapoktan pun diadakan usai ceremonial Panen Raya.

 Dari target peningkatan produksi padi di Propinsi Jawa Barat sebesar 7 ton/ha dan dari hasil penghitungan BPS diperoleh data hasil panen Den Farm SL –Agribisnis di Kabupaten Subang sebesar  13,8 ton/ha (Gabah Kering Panen), 11,9 ton/ha (Gabah Kering Giling) dan 7,7 ton/ha  untuk beras. Dengan demikian kegiatan Dem Farm SL Agribisnis Padi menunjukkan kontribusi yang baik dalam mendukung kegiatan P2BN. 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783