P4S di Era Milenial

20July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai P4S di Era Milenial

P4S di Era Milenial

bbpplembang bimtek P4S1bbpplembang bimtek P4S1LEMBANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pembinaan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) selama 2 hari, 20-21 Maret 2019. Kegiatan yang dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Dinas bbpplembang bimtek P4Sbbpplembang bimtek P4SPertanian Kabupaten/Kota lingkup Jawa Barat, Forum Komunikasi (FK) P4S Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota sebanyak 71 orang, Pejabat Struktural dan Widyaiswara BBPP Lembang ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi, M. Iski Suharno, Rabu (20/03/2019). Dalam sambutannya disampaikan “Pembinaan P4S wilayah Jawa Barat seluruhnya diserahkan kembali ke BBPP Lembang. Karena itu tujuan kegiatan ini agar kita bisa menjalin kembali rencana kerja dan sinkronisasi program untuk pembinaan P4S wilayah Jawa Barat agar lebih fokus, terarah, dan tercapai tujuan bersama”. Arifin, dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat menyampaikan, “P4S itu harus mampu menerapkan pertanian modern, mampu menumbuhkan petani milenial sesuai dengan program pemerintah saat ini, berjiwa sosial, dan mampu memanfaatkan jaringan komunikasi di desa.

bbpplembang bimtek P4S3bbpplembang bimtek P4S3Selanjutnya, salah seorang Widyaiswara BBPP Lembang, Yusuf Hidayat Sanmarkis, mempresentasikan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 33 Tahun 2016 tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Pelatihan Pertanian Swadaya, diantaranya tentang: 1) prinsip, ciri dan peran P4S, 2) penumbuhan dan pengembangan P4S, 3) mekanisme dan penanggung jawab pengembangan P4S, 4) monitoring dan evaluasi pelaporan kegiatan. Ketua Forum Komunikasi Nasional, Suhandi, yang merupakan Ketua P4S Antanan menyampaikan materi tentang peran dan fungsi Forum Komunikasi (FK) dalam pembinaan dan pendampingan P4S di Provinsi Jawa Barat.

bbpplembang bimtek P4S2bbpplembang bimtek P4S2Sesi diskusi terjalin hangat antara para pengelola P4S untuk membuka peluang kerjasama kemitraan dalam usahatani nya, dan juga manajemen pengelolaan P4S. Selain itu disampaikan pula tentang rencana pola pembinaan dan pendampingan P4S di setiap daerah yang akan dilakukan oleh Widyaiswara BBPP Lembang sehingga harapannya kedepan P4S bisa lebih berkembang usahataninya dan dari sisi pengelolaan manajemen P4S.

Ahmad Dimyati, salah seorang peserta Bimtek dan juga Ketua P4S Terpadu Ikamaja Garut, menyampaikan, “Alhamdulillah kini pembinaan P4S untuk wilayah Jawa Barat sudah tergabung kembali dalam satu koordinasi di BBPP Lembang. Harapan kami P4S Wilayah Jawa Barat agar bisa solid kembali, bisa lebih maju baik dari sisi manajemen dan usaha dibidang pertanian. Lebih lanjut disampaikan, “untuk BBPP Lembang agar lebih sering menjadikan P4S sebagai tempat pelatihan dan penyuluhan, dan untuk Forum Komunikasi baik tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional, mampu  menjalankan fungsi koordinasi yang baik, baik dalam hal manajemen dan usaha tani P4S sehingga tercipta produk unggulan yang bisa langsung dipasarkan dan diolah sehingga dapat meningkatkan nilai tambah produk”. (Chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783