Generasi Muda SMKN 4 Bekasi Belajar Pertanian

16October2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Generasi Muda SMKN 4 Bekasi Belajar Pertanian

Generasi Muda SMKN 4 Bekasi Belajar Pertanian

bbpplembang SMKN4Bekasibbpplembang SMKN4BekasiKamis (12/01/2017), sebanyak 7 bis rombongan siswa-siswi dan guru SMKN 4 Bekasi datang ke Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang. Riuh rendah celotehan mereka dengan ekspresi gembira, satu persatu turun dari bis. Ya, tujuan rombongan datang adalah untuk belajar singkat tentang pertanian di BBPP Lembang, mengenalkan pertanian lebih dekat dengan generasi muda. Siswa-siswi tersebut langsung dikondisikan di Instalasi Usaha Tani (IUT) BBPP Lembang. Kedatangan peserta disambut Tim IUT BBPP Lembang untuk langsung dibagi kelompok menjadi 7 kelompok.

 

 

bbpplembang SMKN4Bekasi4bbpplembang SMKN4Bekasi4bbpplembang SMKN4Bekasi1bbpplembang SMKN4Bekasi1Ketujuh kelompok bergantian dikenalkan dengan 7 titik di IUT BBPP Lembang, pertama yaitu screen hidroponik dengan komoditas tomat beef dengan pemandu Bapak Slamet Saparman yang menjelaskan secara singkat budidaya tomat beef system hidroponik. Kedua, kandang sapi, dimana anak-anak diberikan penjelasan tentang pembuatan pupuk organik dengan pemandu Bapak Encang Solihin. Tempat ketiga screen tanaman hias krisan dan mawar yang dipandu oleh Ibu Elis Marlia. Keempat, siswa-siswi terlihat tekun dan menyimak penjelasan Bapak Ade Rohman di lahan tanaman tomat bagaimana budidaya tomat yang dilakukan di BBPP Lembang. Rumah Model Pangan Lestari adalah tempat kelima yang dikunjungi oleh anak-anak dari Bekasi ini dimana Bapak Dede Sudrajat menjelaskan budidaya tanaman sistem vertikultur dengan beberapa model diantaranya wick system. Screen tanaman hias menjadi tempat keenam yang dikunjungi oleh peserta, dengan koleksi anggrek, kaktus dan sukulen yang ada di sana. Bapak Dadan Septia Gumilar menjadi tempat terakhir yang dikunjungi oleh peserta dengan penjelasan mengenai budidaya sayuran daun dengan sistem aeroponik.

 

 

bbpplembang SMKN4Bekasi3bbpplembang SMKN4Bekasi3

bbpplembang SMKN4Bekasi2bbpplembang SMKN4Bekasi2“Kunjungan ini merupakan bagian dari pelajaran Biologi yang mereka peroleh di kelas, dengan harapan anak-anak bisa kenal lebih dekat tentang pertanian, sebagai referensi mereka saat nanti memilih program studi saat kuliah, atau memilih bidang pekerjaan saat nanti bekerja”, ungkap salah seorang guru saat diwawancari oleh kami. Sejalan dengan celotehan salah satu murid yang terlihat senang melihat yang ada di BBPP Lembang, bahwa baru sekali ini Ia belajar tentang pertanian langsung seperti ini.

Semoga dunia pertanian menjadi ketertarikan tersendiri bagi generasi muda Indonesia, sebagai upaya ketahanan pangan dan kedaulatan pangan di masa depan. (che)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783