Study Visit Pejabat ARFTC Gambia

11December2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Study Visit Pejabat ARFTC Gambia

Study Visit Pejabat ARFTC Gambia

Sebagai tindak lanjut kerjasama Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dengan Pemerintah Gambia di bidang pertanian selama ini seperti penyelenggaraan pelatihan bagi penyuluh dan petani Gambia di BBPP Lembang, pengiriman widyaiswara BBPP Lembang sebagai expert team ke Gambia, maka pejabat pertanian Gambia ingin mengetahui bagaimana pengelolaan Agricultural Rural Farming Training Center (P4S) di Indonesia

bbppl-kunjungan-gambia4bbppl-kunjungan-gambia4Rabu, 9 November 2016, BBPP Lembang kedatangan tamu negara dari Gambia. Sebanyak 2 orang pejabat pertanian Gambia yaitu Director of Agriculture dan Manager Agriculture and Rural Training Centre owned by farmer. Maksud kedatangan mereka adalah untuk melihat dan bertukar informasi serta pengalaman dengan BBPP Lembang sebagai tindak lanjut kerjasama di bidang pelatihan antara Indonesia dan Gambia selama ini.

bbppl-kunjungan-gambia1bbppl-kunjungan-gambia1Kedatangan delegasi dari Gambia diterima secara resmi oleh beberapa widyaiswara BBPP Lembang bbppl-kunjungan-gambia2bbppl-kunjungan-gambia2khususnya expert team yang pernah melatih di Gambia. BBPP Lembang menyampaikan profil balai, dilanjutkan dari Gambia juga menyampaikan mengenai profil instansi mereka. Selanjutnya, delegasi Gambia berkeliling ke lahan praktik BBPP Lembang, seperti ke KRPL, kandang sapi dan screen house. Pihak Gambia menyatakan ketertarikannya khususnya pada sistem pertanian hidroponik dan menyatakan akan mengadopsi teknologi tersebut untuk dipraktikkan di tempat mereka.

bbppl-kunjungan-gambiabbppl-kunjungan-gambiaSelanjutnya, delegasi Gambia diantar untuk melihat salah satu P4S binaan BBPP Lembang, P4S Lembang Agri, pimpinan Bapak Dodih. Di sana, baik BBPP Lembang, pemerintah Gambia, dan P4S Lembang Agri bertukar informasi bagaimana pengelolaan P4S, dari mulai pendirian P4S hingga manajemen pengelolaanya. Ada perbedaan yang mendasar dari pengelolaan P4S di Gambia bahwa seluruh pengelolaan P4S di sana dibiayai oleh pemerintah, sedangkan pengelolaan P4S di Indonesia bersifat mandiri dari untuk dan oleh petani walaupun terkadang ada beberapa P4S tertentu yang memperoleh stimulan dalam perbaikan dan pengadaan sarana dan prasarana P4S. (che)

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783