23September2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Artikel Artikel Pertanian Cara Aman Mengenal Beras Aspal

Cara Aman Mengenal Beras Aspal

User Rating:  / 1
PoorBest 

Konsumen sekarang ini dikhawatirkan oleh beredarnya  produk yang aspal (asli atau palsu?) karena segala sesuatu yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak dipalsukan seperti shampoo, lada, ijazah sampai kepada beras aspal dan masih banyak lagi...cukup mengerikan bukan!!!.  Selayaknya sebagai pengkonsumsi beras, kita perlu mengenal seluk beluk tentang beras!

bbppl-berasplastikbbppl-berasplastikBeras merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan beredarnya  beras aspal. Sehingga kita sebagai masyarakat awam harus waspada alias hati-hati dengan kejadian ini. Bagaimana tidak, karena beras merupakan makanan  kita sehari-hari, teganya dicampur plastik. Apa tidak bahaya?

Petani  prihatin karena telah  sungguh-sungguh memproduksi beras ternyata ternodai oleh oknum segelintir orang yang tidak bertanggung jawab. Kabarnya beras tersebut berasal dari China yang didistribusikan dari daerah Taiyuan Provinsi Shaanxi. Kita harus lebih waspada dan mampu membedakan ciri-ciri beras plastik dan mengenali perbedaan beras asli dan plastik. Jika sekilas diperhatikan, antara beras plastik dan beras asli ini memang tampak tidak ada bedanya sehingga bagi mereka yang tidak tahu ciri-ciri beras plastik akan mudah tertipu. Namun, meski tampak serupa masih ada perbedaan diantara beras asli dan palsu tersebut.

Berdasarkan keterangan media Singapura, China sedang memproduksi beras palsu. Beras palsu ini sedang didistribusikan di Kota Cina Taiyuan, Provinsi Shaanxi. Bahkan diindikasikan beras-beras tersebut juga diekspor. Beras palsu ini terbuat dari gabungan kentang, ubi jalar dan limbah plastik yang direkayasa sedemikan rupa sehingga berbentuk menyerupai beras. Tidak hanya itu, produsen beras palsu ini juga menambahkan resin sintetis industri. Resin sintetis ini dikatakan sangat berbahaya jika dikonsumsi karena bisa memicu kanker. Biaya produksi beras palsu yang rendah dikhawatirkan menarik pedagang grosir untuk menjualnya secara massal agar bisa meraih keuntungan lebih besar. Karenanya kewaspadaan konsumen harus ditingkatkan agar tidak menjadi korban beras palsu.

Berikut ini beberapa ciri-ciri beras palsu sintesis yang dicampur plastik yang telah kami rangkum dari berbagai sumber dan keterangan ahli pangan spesialis yaitu Dr. Verawati Sudarma, M.Gizi, Sp.GK, agar kita tidak tertipu dan salah dalam mengkonsumsi beras plastik yang jelas akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Simak daftar perbedaan beras plastik dan beras asli dibawah ini.

Tabel 1. Perbedaan beras asli dan beras plastik

Beras Asli

Beras Plastik

Ukuran beras lebih gemuk ada guratan.

Ukuran beras lebih ramping tidak ada guratan.

Beras asli tampak bening namun terdapat warna putih susu di tengah-tengahnya.

Ciri ciri beras plastik sintesis warnanya bening.

Tekstur cenderung kasar saat dipegang.

Tekstur lebih halus dan lembut karena berbahan plastik.

Beras asli akan menyerap air saat dimasak.

Sedangkan beras palsu malah akan mengeluarkan air saat dimasak.

Jika dimasukkan ke penanak nasi, tekstur akan berubah jadi lembut.

Beras plastik palsu akan lembek saat dimasukkan ke penanak nasi dan cenderung keras, saat dikeluarkan akan semakin kering dan mengeras.

Saat dimasak akan mengeluarkan aroma harum karena HO2

Beras plastik sintesis mengeluarkan aroma sangit saat dimasak.

Sesudah dimasak akan terasa manis saat dimakan karena kandungan glukosa dan karbohidratnya

Cenderung berbau sangit dan beraroma bahan kimia.

Ditempel dengan setrika tidak lengket dan tidak berbau.

Ditempel dengan setrika beras lengket dan berbau sangit .

Beras  asli tidak meleleh kalau dibakar.

Beras plastik dibakar akan meleleh seperti plastik.

Beras asli direndam dalam air maka airnya akan berwarna lebih putih.

Beras palsu airnya tidak akan berwarna putih.

Sumber : data diolah dari berbagai sumber

Pemerintah mendorong masyarakat untuk mampu mengenali secara sederhana perbedaan beras asli dengan beras yang dioplos material plastik maupun utuh beras aspal. Oleh karena itu kita sebagai anggota masyarakat perlu mengenal, mempelajari ataupun memahami  informasi mengenai karakteristik beras aspal dari berbagai sumber atau referensi maupun praktis, jangan sampai kita terjebak pada masalah yang sama. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan untuk  lebih mengenai beras aspal.

Daftar Pustaka:

  1. Anonim, 1995.  Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Mutu Hasil Pertanian Terpadu Komoditi Pangan, Badan Agribisnis Departemen Pertanian. Jakarta.
  2. http://ekbis.sindonews.com/read/1004502/34/cara-membedakan-beras-asli-dan-palsu-1432369683.
  3. Kartika Runiasari/CN19/ SM Network, 2015. Cara Sederhana Mengenal Beras Palsu. Suara merdeka
  4. Winarno, F.G. dan Surono, 2002. HACCP dan Penerapannya dalam Industri Pangan. M-BRIO PRESS, Bogor.

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783